Selasa, 28 September 2010

Seluruh Pengawalan Keamanan Obama ke Indonesia Ditangani AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia. Kemungkinan, pengamanan terhadap orang nomor satu di AS tersebut semuanya akan dipegang oleh Paspampres AS.

"Soal keamanan tidak lagi (dibahas) karena US Secretary Departement of Defense, Robert Gates sudah bicara dengan kita," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2010).

"Timnya akan datang kesini. Tim dari Departement of Defense AS akan datang untuk menindaklanjuti kunjungan Gates," imbuh Menhan.

Menhan menambahkan, kemungkinan Obama dan rombongan akan berkunjung ke Indonesia pada November 2010.

"Obama (ke Indonesia) November nanti," ujarnya.

Soal adanya keinginan Kongres AS yang meminta dibicarakannya isu Papua dalam
kunjungan Obama ke Indonesia, menurut Purnomo itu adalah cuma suara satu atau dua orang saja.

"Mereka ingin ada pihak ketiga masuk ke Papua selain LSM Papua. Itu hanya suara satu-dua orang saja. Itu tidak menceminkan suara kongres. Ini kedaulatan kita," tegas mantan Menteri ESDM tersebut.


Analisa:
Wah wah.. Apakah Anda merasa sesuatu yang aneh dibalik keputusan pemerintahan AS??

Tentunya ada 1 tanda tanya yang cukup besar di benak Anda. Ada tersirat di benak saya, bahwa kemungkinan terbesar sampai pemerintahan AS melakukan hal seperti itu yaitu "Keraguan terhadap tingkat keamanan oleh pihak Pemerintah Indonesia".

Apakah sebelumnya sistem pemerintahan sudah membahas hal ini atau merombak sistem kinerja dalam hal keamanan.
Sangat disayangkan bukan, bila hal seperti ini malah Pemerintahan Indonesia tidak dapat ikut campur dalam pengawalan keamanan kedatangan Presiden AS tersebut.

2 komentar:

  1. Menurut saya,, tidak ada yang aneh,,
    Coba lihat keamanan Indonesia,, Dan sebenarnya bukan dari segi keamanan pemerintahan,, lebih ke sistem keamanan di Indonesia yang belum memadai,,,
    Hari ini, saya melihat berita di TV, terjadi ledakan Bom di Bekasi sekitar jam 9.30 pagi tadi.
    Melihat kondisi ini, tentu pihak Amerika harus menjaga keamanan dan keselamatan org no1 d Amerika ini, sehingga mereka memutuskan akan turunkan paspampres AS.

    BalasHapus
  2. Hmm.. rasanya langkah AS utk mengawal Pemimpin Dunia ini sangat tepat sekali.. Krn kita tidak bs semata2 mengandalkan pengawalan pihak Indonesia yang sangat diragukan ini.. Bisa saja kemungkinan terburuk ada org tertentu yang kontra thdp kedatangan Obama ini menyuap petugas keamanan utk mencelakakan beliau.. Apa yg akan terjadi kalo hal ini terjadi? Jadi lebih amannya pake orang sendiri aja d..

    BalasHapus